Senin, 01 Oktober 2012


KERAJAAN MALAKA

  1. Awal terbentuknya
           Pada awal abad ke-15 terjadi perang saudara di Kerajaan Majapahit. Perang itu terkenal dengan nama perang paregreg. Dalam peperangan tersebut, seorang pangeran dari Majapahit yang bernama Paramisora diiring para pengikutnya melarikan diri ke Blambangan (Tumasik-Singapura). Karena daerah tersebut kurang aman, maka Paramisora beserta pengikutnya pindah ke daerah Semenanjung Malaya. Dan membangun kerajaan di wilayah itu, ia menjadi rajanya.

  1. Letak kerajaan
    Berada di Pulau Sumatera dan Semenanjung Malaya. Karena letaknya yang startegis Kerajaan Malaya berkembang menjadi  pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam di Asia Tenggara.

  1. Kehidupan politik
    1. Iskandar Syah (1396-1414 M)
    Nama sebelumnya adalah Paramisora, karena menganut agama Islam ia mengubah nama menjadi Iskandar Syah. Ia berhasil mengembangkan Kerajaan Malaka menjadi kerajaan penting di Selat Malaka.
2.   Muhammad Iskandar Syah (1414-1424 M)
                Ia adalah putra dari Iskandar Syah. Pada pemerintahaannya ia berhasil                                                                                                       memperluas Kerajaan Malaka hingga mencapai seluruh wilayah Semenanjung Malaya. Untuk meluruskan cita-citanya menjadi penguasa tunggal jalur pelayaran perdagangan di Kerajaan Malaka, ia melakukan kawin politik dengan putri dari Kerajaan Samudra Pasai.
3.      Mudzafat Syah (1424-1458 M)
    Merupakan raja Kerajaan Malaka yang bergelar sultan. Ia berhasil menyingkirkan Muhammad Iskandar Syah. Pada masa pemerintahannya terjadi serangan dari Kerajaan Siam. Tetap;I berhasil diatasi. Ia memperluas ke daerah sekitar kerajaan seperti Pahang, Indragiri dan Kampar.
4.      Sultan Mansyur Syah (1458-1477 M)
    Kerajaan Malaka mengalami masa kejayaannya dan menjadi pusat          pelayaran dan perdagangan serta penyebaran agama Islam di Asia Tenggara. Pada masa pemerintahannya hiduplah seorang laksamana bernama Hang Tuah, ia berjasa besar dalam perkembangan Kerajaan Malaya. Informasi ini didapat dari sebuah cerita rakyat yang dikenal dengan Hikayat Hang Tuah.
5.      Sultan Alaudin Syah (1477-1488 M)
     Kerajaan Malaka mengalami kemerosotan. Satu persatu daerah yang dikuasai melepaskan diri dari Kerajaan Malaka.
6.      Sultan Mahmud Syah (1488-1511 M)
           Pada masa pemerintahannya muncul ekspedisi Portugis dibawah pimpinan Alfonso d’Albuquerque dan berhasil merebut Kerajaan Malaka. Kerajaan Malaka jatuh ke tangan Portugis tahun 1511 M.
  1. Kehidupan Ekonomi
         Kerajaan Malaka sebagai penguasa pelayaran dan perdagangan di Asia Tenggara. Adanya undang-undang laut yang berisi pengaturan pelayaran dan perdagangan, berisipenentuan syarat-syarat sebuah kapal untuk berlayar dan tanggung jawab masing-masing saat berlabuhnya suatu kapal untuk berlayar dan sebagainya. Untuk mempermudah komunikasi antar pedagang maka digunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantara.

  1. Kehidupan Sosial
         Masyarakatnya hidup dari dunia maritime dan mereka cenderung bersifat individualis. Kelompok-kelompok dalam masyarakat bermunculan seperti adanya golongan buruh dan majikan.

  1. Kehidupan Budaya
         Muncul berbagai hasil karya sastra Melayu yang menggambarkan kepahlawanan dan keperkasaan tokoh-tokoh Kerajaan Malaka dalam melaksanakan pemerintahan. Tokoh-tokoh yang di anggap sebagai pahlawan di Kerajaan Malaka pada masa kejayaannya ialah Hang Tuah, Hang Lekir dan Hang Jabat.
          
  
         
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar