Kamis, 22 November 2012

Revolusi Industri


1.PENGERTIAN REVOLUSI INDUSTRI

            Revolusi industri merupakan istilah untuk suatu periode dalam sejarah Inggris, yang berkaitan dengan terjadinya perubahan-perubahan cepat dan mencolok di dalam struktur ekonomi dan teknologi industri.. Pada awalnya perubahan dalam memproduksi barang yang semula menggunakan tangan / secara manual di gantikan dengan mesin. Revolusi industri ditandai dengan semangat penelitian dan penemuan baru di Inggris.

2. TAHAP REVOLUSI INDUSTRI

a. Teknik tingkat pertama yakni mengembangan  teknik dengan mesin uap, bahan bakar yang digunakan kayu dan batubara. Disebut juga teknik lama.
b.Teknik tingkat kedua yakni teknologi dengan menggunakan mesin motor, bahan bakarnya bensin/tenaga listrik. Disebut teknik baru/neotechnic.
c.Teknik tingkat ketiga yakni teknik yang sudah menggunakan tenaga atom / nuklir. Disebut teknik kimia.
d. Teknik keempat yakni teknologi mutakhir, ditandai dengan teknik-teknik otomatis, computer, teknologi informasi,dsb.

3. TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA REVOLUSI INDUSTRI

            Revolusi industri mula-mula terjadi di Inggris, adapun sebab terjadinya Revolusi Industri di Inggris:

a.       Inggris memiliki cukup bahan dasar untuk industri seperti wol, batubara, kapas yang di peroleh dari tanah jajahan.

b.      Warga Inggris rajin dalam penyelidikan alam sehingga banyak penemuan baru, bahkan adanya lembaga ilmiah ‘Royal Society For Improving Natural Knowledge” pada tahun 1662.

c.       Adanya kemajuan pesat bagi pelayaran yang membawa kemajuan perdagangan Inggris.

d.      Inggris mempunyai cukup modal untuk memajukan industrinya.

e.       Inggris memiliki kongsi dagang yang memajukan perdagangan negara.

Perkembangan Eropa, termasuk Inggris berhembus budaya Renaisans yang berarti hidup/lahir kembali, lahirnya nilai-nilai dan filsafat Yunani-Romawi klasik, yang mengangkat kembali harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang berpotensi. Kebebasan individu juga kemampuan berpikir terus di kembangkan. Disamping itu juga berkembang Humanisme yaitu gerakan kemanusian yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengembalikan kedudukan manusia sesuai kodratnya, menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan hidup manusia. Maka berkembanglah budaya dan kegiatan penemuan.

Titik awal dari suatu revolusi industri di Inggris adalah dengan penemuan mesin uap oleh James Watt, tenaga manusia dan hewan mulai di gantikan oleh tenaga uap. Kemudian penemuan mesin tenun oleh Edmund Cartwright, berkembanglah industri tekstil. Kemudian disusul alat-alat baru yang sangat erat kaitannya dalam kemajuan industri baja. Kemajuan industri besi baja membawa penyempurnaan peralatan-peralatan dan pabrik dan industri. Industri besi telah memproduksi berbagai macam bentuk, misalnya bentuk roda,pipa-pipa air, kapal laut, dan lokomotif/kereta api. Untuk itu dibangunlah rel kereta api yang semula kereta api digunakan untuk mengangkut barang, kemudian menjadi alat transportasi.

4. AKIBAT REVOLUSI INDUSTRI DI BERBAGAI BIDANG

  1. Bidang ekonomi

            Munculnya pabrik baru, lahirnya pengusaha kaya, harga barang semakin rendah sebab biaya produksi rendah, upah buruh menjadi rendah, perdagangan dunia semakin maju, menumbuhkan kapitalisme industri yang berpusat kepada perorangan dan matinya industri rumah tangga.

  1. Bidang politik

            Munculnya kaum borjuis sebab penguasa industri banyak memiliki kekayaan, tumbuhnya demokrasi dan nasionalisme, juga memunculkan imperialisme modern yaitu upaya mengembangkan imperialisme yang berdasarkan kekuatan ekonomi mencari tanah jajahan dan bahan mentah serta mengembangkan pasar industrinya. Berkembang juga liberalisme yang semula berkembang di Inggris saja ketika terjadi Revolusi Agraria dan Revolusi Industri, kemudin berkembang ke Eropa.

  1. Bidang sosial

Akibat pusat pekerjaan berada di kota terjadi urbanisasi besar-besaran di kota industri dengan tujuan menjadi buruh pabrik sehingga kota besar menjadi padat, penuh sesak dengan para buruh sehingga hidup berjejal-jejal di tempat tinggal mereka yang menyebabkan masalah baru yakni lingkungan kotor dan kumuh. Kaum buruh menjadi objek pemerasan kaum majikan, sebab harus bekerja 12 jam. Di kota-kota banyak terjadi kriminalitas yang semakin meningkat. Masalah social yang kemudian timbul adalah pengganguran, wanita dan anak harus bekerja serta kurang terjamin kesejahteraannya.
Keadaan itulah yang mendorong terjadinya Revolusi Sosial. Revolusi social adalah usaha untuk mengubah hidup rakyat dari yang tidak layak menjadi layak.


5. PENGARUH REVOLUSI

a. INDONESIA

            1. Memperkenalkan prinsip-prinsip liberalisme dan system ekonomi uang di Nusantara, memberlakukan Contigenten pajak sewa tanah unutk memberi kepastian siapa pemilik tanah, menghapus penyerahan wajib, kerja rodi, dan perbudakan pada saat Inggris berkuasa di Nusantara di bawah pimpinan Thomas Stomford Raffles. Juga memberlakukan perdagangan bebas.

            2. Indonesia di jadikan daerah pemasara hasil industri, karena memiliki penduduk yang padat.

            3. Indonesia di jadikan penghasil bahan mentah, dalam rangka mengembangkan industri sangat dibutuhkan bahan mentah. Bangsa Eropa kemudian berlomba untuk mengeksploitasi sumber daya alam di Indonesia.

            4. Indonesia di jadikan daerah untuk menanam modal, negara-negara industrialis dan imperialis memperluas daerah jajahannya, daerah jajahan ini di eksploitasi sumber daya alam dan manusianya, dijadikan tenaga kerja yang murah dan terpaksa sehingga hidupnya menderita. Munculnya Revulusi Industri mendorong imperialisme dan kapitalisme membawa kesengsaraan dan munculnya kekuasaan asing di Indonesia. Mula-mula oleh Portugis yamg menanamkan kekuasaanya di Indonesia, disusulBelanda, digantikan Inggris, kemudian kembali di gantikan oleh Belanda.

            5. Masyarakat Indonesia kemudian mengenal dan menggunakan alat dan produk dari industri, perkembangan selanjutnya banyak di bangun pabrik dan industri yang dalam produksinya sudah menggunakan mesin-mesin industri. Begitu juga dengan alat transportasi dan komunikasi yang modern.

b. DUNIA

            a. Munculnya imperialisme modern yaitu uapaya mengembangkan imperialisme yang berlandaskan kekuatan ekonomi, mencari tanah jajahan, bahan mentah dan mengembangkan pasar industri.

            b.Perluasan tanah jajahan oleh Negara-negara imperialis sebab semangat imperialisme modern telah menembus daerah-daerah jauh di luar Eropa.

            c. Revolusi industri menjadikan Inggris  mempelopori adanya perdagangan bebas dan menolak campur tangan pemerintah , hal ini menyebabkan Negara Eropa mengikuti industrialisasi juga menuntut perdagangan bebas. Akibatnya paham liberalisme berkembang di Eropa, mengembangkan perdagangan bebas yang menyebar di kawasan Asia hingga dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar